Rabu, 18 Desember 2013

Bakti Sosial TNI di Puncak Jaya Disambut Warga


Senin, 15 Agustus 2011 - 15:40 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Tentara Nasional Indonesia (TNI) melalui Bakti Sosial yang dilakukan di wilayah Kodam XVII/Cendrawasih berhasil membangun 101 bangunan fisik yang dibutuhkan oleh masyarakat Kabupaten Puncak Jaya. Bangunan tersebut tersebar di tiga distrik, yaitu Distrik Mulia, Distrik Tinggi Nambut dan Distrik Illu.
Seratus satu unit bangunan fisik yang dikerjakan secara terpadu oleh prajurit-prajurit dari ketiga angkatan tersebut adalah 16 honai sehat, 3 bangunan gereja, 3 pos kamling, 3 sarana olahraga, 2 pasar tradisional, 5 MCK, 14 rumah pahlawan Pepera, 3 posyandu, 2 rumah buta aksara, 2 balai kampung, 9 kandang babi, 16 kandang ayam, 14 kolam ikan, 2 pangkalan ojek, 1 halte, 4 pos sementara, 1 poliklinik kesehatan, 1 kantor BMP.
Selain bangunan fisik, Bakti Sosial TNI tersebut juga melakukan kegiatan non-fisik berupa penyuluhan kesehatan, hukum, pertanian dan perikanan, pelatihan pertukangan dan montir kendaraan, praktek masak-memasak, pengobatan masal dan kegiatan ibadah. Bakti Sosial yang dilaksanakan sejak 2 Mei 2011 dan rencananya akan berakhir pada 31 Agustus 2011 ini merupakan bagian dari kegiatan Bakti TNI yang dilaksanakan oleh prajurit dan satuan TNI, bersifat membantu, terintegrasi, dan selalu terarah pada usaha penyuksesan program pembangunan pemerintah pusat dan daerah didukung oleh seluruh departemen, pemerintah daerah dan masyarakat.
Oleh karena itu, dalam Bakti Sosial di Puncak Jaya tersebut, TNI juga bekerjasama dengan berbagai instansi pemerintah daerah setempat, seperti penyuluhan pertanian, TNI dibantu oleh Dinas Pertanian Pemda Kabupaten Puncak Jaya. Dari kegiatan ini lahan pertanian yang siap olah seluas ± 8 Hektar dari Distrik Mulia, Distrik Tinggi Nambut dan Distrik Illu.
Dalam kurun waktu 8 minggu pelaksanaan Bakti Sosial ini, masyarakat Puncak Jaya sangat antusias merespon dan berpartisipasi secara langsung dan sukarela terhadap seluruh program kegiatan, termasuk adanya kesadaran masyarakat dalam mengibarkan bendera Merah Putih di depan rumahnya.
Respon dan tanggapan yang sangat baik ini juga ditunjukkan dengan banyaknya pengunjung/tamu yang datang ke Posko Bakti Sosial TNI dari kalangan masyarakat, aparat kepala kampung dan para gembala gereja yang datang dengan tujuan mengajukan proposal permintaan bantuan pembangunan sasaran fisik berupa honai sehat, rehab balai kampung dan rehab gereja. Hingga saat ini telah ditampung sebanyak 13 proposal.
Masyarakat setempat menyadari dampak positif Bakti Sosial TNI terhadap kehidupan sosial sehari-hari. Aktifitas pasar, toko dan warung, sebelumnya tutup menjelang Maghrib. Namun setelah Bakti Sosial TNI dimulai, kehidupan pasar, toko dan warung menjadi lebih bergairah dan berani beraktifitas sampai pukul 21.00 WIT. Begitu pula dengan transportasi darat Wamena – Mulia.
Saat ini frekuensinya menjadi lebih sering, sehingga pasokan kebutuhan bahan pokok dan kebutuhan hidup lainnya menjadi lebih mudah didapatkan. Secara umum perkembangan kondisi sosial wilayah Kabupaten Puncak Jaya saat ini menunjukkan peningkatan kearah yang positif dan kionstruktif. 


  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar